Skip to content

Positif dan Negatif FACEBOOK

February 14, 2010

Bukan rahasia lagi jika facebook akhir-akhir ini bikin aparat penegak hukum pontang-panting mengusut kasus-kasus yang disebabkan salah satu layanan jejering sosial yang satu ini…. yach anda benar ” facebook “. Siapa yang tidak tahu yang namanya FACEBOOK. layanan jejaring sosial dan pertemanan ini memang sedang booming dan makin booming dan seakan menjadi sebuah kebutuhan pokok layaknya makanan. Tiada hari tanpa FACEBOOK.

Banyak manfaat yang didapat darinya bagi yang tahu bagaimana memanfaatkannya, namun tak jarang situs ini menimbulkan berbagai masalah baru di dunia nyata, meskipun berawal dari dunia maya.

Kita pasti ingat masa dimana MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI ) yang menyatakan dan mengeluarkan fatwa bahwa FACEBOOK itu haram. Namun siapa yang menyangka justru menjadi pemicu pengguna facebook yang makin tak terkendali. Namun begitu memang kita tidak bisa menyalahkan maupun membenarkan siapapun, Meski pada akhirnya muncul kasus-kasus yang berawal dari facebook ini. Baik yang melibatkan remaja usia sekolah, orang tua maupun aparat negara itu sendiri. mulai dari gadis usia sekolah yang lari atau pergi dengan teman facebooknya, bahkan ada yang sampai hamil atau berhubungan layaknya suami istri dengan alasan telah menikah di facebook, kemudian di daerah karanganyar seorang bapak yang dipenjara karena sebuah kecelakaan yang melibatkan aparat kepolisian, dan di dakwa sebagai penyebab tewasnya sang istri. Mungkin masih ingat juga seorang aparat brimob yang mengeluarkan kata-kata yang akhirnya menjadi bumerang baginya di mata masyarakat indonesia, orang bunuh diri karena facebook, dan masih banyak lagi. Mungkin masih ada berkas-berkas kasus karena facebook di kantor polisi se-Indonesia.

Namun kita juga tak boleh lupa bahwa facebook juga memberi hal-hal positif dalam kehidupan terutama kehidupan sosial kita. misal dengan terbentuknya grup-grup yang memberi dukungan kepada warga negara yang di rasa mendapat perlakuan tidak adil dimata hukum maupun dimata pihak tertentu, baik secara moral dan materiil. Adalagi kegiatan sosial dan kemanusiaan yang turut membantu orang-orang yang membutuhkan, banyak orang mendapat pekerjaan yang baik karena koneksi dari facebook, dan hal-hal positif laen yang didapat dari facebook ini. Seperti biasa, semua tergantung mental, iman dan personalitas dalam memandang suatu hal dan memanfaatkanya.

Kesimpulanya “Facebook tidak bisa langsung disalahkan”

Mungkin kasus-kasus yang melibatkan facebook dan anak-anak usia sekolah ini bikin cemas orang tua. bagi orang tua jangan langsung menekan dan membatasi gerak sang anak, ada tips yang bisa dilakukan yang mungkin sedikit membantu. selain dengan jam keluar yang mungkin sudah diterapkan tiap orangtua, bisa kita memantau sang anak lewat facebook itu sendiri. mungkin anda tidak akan bisa memaksa anak untuk tidak facebookan, namun anda bisa lebih memantau perkembangan sosial sang anak terutaa yang berkaitan dengan facebook, yaitu dengan anda juga punya facebook meski dengan nama samaran dan menambah temen2 sang anak. dengan begitu anda dapat lebih memantau sang anak, memang cara ini mungin tak se-efektif yang diharapkan tapi dapat dipertimbangkan sebagai cara alternatif yang baik dan semoga bermanfaat.

Mungkin dari para pengguna facebook punya ide dan tips untuk hal yang seperti ini..?? silahkan ajah di share.

About these ads
3 Comments leave one →
  1. February 15, 2010 3:22 am

    yang khawatirkan adalah ketika facebook sudah menjadi semacam kebutuhan

  2. me yo permalink
    February 25, 2010 12:46 pm

    facebook untuk anak, 1 kata NO!…. yg pake fb yg sudah punya KTP. Pengalamn sendiri, anakku pengguna fb, update status dr teman2nya kebanyakan bukan utk dikonsumsi anak. tak jarang gambar2 jorok terpampang di wall fb anak saya. belum kata2 yang tidak pantas dari wall teman2nya. akibatnya anak saya berubah menjadi sosok individualistis dgn kecerdasan emosional yg menyedihkan. kemampuan berbahasanya menjadi tidak santun, sikapnya acuh tak acuh. mudah marah dan depresi…
    sekali lagi dengan kita mengijinkan anak menggunakan FB, sama saja seperti kita mengijinkan mereka membaca majalah porno….

    • February 26, 2010 2:08 am

      secara moral memang FB tdk dciptakan utk anak, itu kami jg sgt se-7.
      tp kami jg tdk dpt melarang setiap orang utk tdk menggunakan FB.
      kami juga menyadari, dan mengerti akan kekhawatiran bpk/ibu.

      smua kmbali ke individu,lingkungan[trutama kluarga]
      semuga kita tdk trjrumus dlm ilmu yg salah,….AMIN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: