Skip to content

UJIAN NASIONAL

January 28, 2010

UJIAN NASIONAL... Semua pasti deg-deg’an jika mau ujian. apalagi yang namanya Ujian Nasional(UN).

Dimasa yang serba sulit ini anak-anak bangsa dituntut kerja keras, bukan hanya bekerja keras untuk mencari nafkah, namun bagi anak-anak bangsa dalam hal ini siswa/anak sekolah terutama kelas 3 [akhir], sekarang sedang sibuk-sibuknya ulangan, pemadatan, dan se-abrek kegiatan di akhir masa sekolahnya karena kira-kira 2 bulan lagi yaitu sekitar minggu ke-3 bulan Maret. lebih cepat dar biasanya yang dilaksanakan pada bulan April. Peraturan Ujian Nasional ini masih menganut keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 74 dan 75 tahun 2009 tentang  UASBN SD/MI serta Ujian Nasional SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMK Tahun Pelajaran 2009/2010,Bp. Bambang Sudibyo, yang sekarang ini digantikan oleh Bp. prof. Muh Nuh.

Rencana Ujian Nasional Tahun ini akan dilaksanakan 2 tahap, itu dimaksudkan agar para siswa yang gagal masih punya kesempatan untuk memperbaiki. Adapun jadwal sementara yang di dapat redaksi yaitu :

Tingkat SMA/MA, SMALB, dan SMK :

  • UN Utama : 22 – 26 Maret 2010
  • UN Ulangan : 10 – 14 Mei 2010

Tingkat  SMP/MTs dan SMPLB

  • UN Utama : 29 Maret – 1 April 2010
  • UN Ulangan :7 – 20 Mei 2010

Tingkat SD/MI

  • UN Utama : 4 – 6 Mei 2010

Untuk kisi-kisi, Jadwal dan estimasi pelaksanaan ujian hampir sama, yaitu soal berkisar antara 40-50 soal dengan waktu 120 menit. Perbedaan hanya pada mata Ujian yang diujikan menurut Program keahlian.

Misal, selain Mata Ujian umum seperti MATEMATIKA, BAHASA INGGRIS, DAN BAHASA INDONESIA, SLTA program IPA ditambah Mata Ujian FISIKA, KIMIA, dan BIOLOGI.

Untuk SLTA program IPS ditambah EKONOMI, SOSIOLOGI, dan BIOLOGI.

Untuk SLTA program BAHASA, ditambah dengan SEJARAH, SASTRA iNDONESIA, dan BAHASA ASING PILIHAN.

Untuk Madrasah Aliyah, ditambah Ilmu HADIST,Ilmu  TAFSIR, dan Ilmu KALAM, sedangkan untuk SMK ditambah dengan Mata Ujian Kejuruan sesuai dengan jurusan yang diselenggarakan di sekolah yang bersangkutan.

Standar Kelulusan UN 2010

Standar kelulusan UN 2010 sebenarnya sama dengan UN tahun 2009 yakni peserta UN SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK tahun 2010 dinyatakan lulus jika:

  1. Memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya;
  2. Khusus untuk SMK, nilai mata pelajaran praktik kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung rata-rata UN.

Makin berat memang tugas anak bangsa sekarang ini, jauh berbeda dengan standar waktu jaman dulu, namun menurut beberapa pendapat menyatakan bahwa mutu lulusan justru semakin merosot jika dilihat dari standar kelulusn yang begitu tinggi, dari jaman dahulu.

Beberapa wktu lalu ada kabar bahwa ujian nasional, dihapuskan, tetapi itu tidak sepenuhnya benar, mungkin yang dimaksud adalahan bahwa  pelaksanaan UN campur (exchange place) pada 2010, karena sistem itu hanya mungkin  dijalankan si perkotaan saja, karena berbagai masalah. Kurang mendukung jika dilaksanakan.

Meskipun kita dapat mengulang atau mendaftar pendidikan di packet-packet pendidikkan kesetaraan yang telah disediakan pemerintah, tetap saja mereka merasa akan tepinggirkan karena dianggap gagal atau lulus dengan “catatan/tanda” .

jadi apapun hasilnya nanti, kerjakan dengan segenap kemampuan dan sertai dengan doa. Semuga berhasil semuanya dalam menghadapi ujian nasional maupun ujian dalam hidup ini…!!

referensi : kabar tetangga di nusantaranews.wordpress.com

One Comment leave one →
  1. January 30, 2010 9:34 am

    pertamaxxx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: