Skip to content

Mas Kawin

January 31, 2010

 

ilustrasi

 

PERNIKAHAN jelas merupakan suatu resesi sakral dalam kehidupan setiap orang. Namun ada kala dalam kesakralan tersebut terselip cerita lucu yang tidak mudah dilupakan begitu saja.

Begitu juga yang terjadi di lingkungan saya(red). Kejadian ini memang bukan berita hangat, namun masih asyik untuk diceritakan. waktu itu sedang dilaksanakan resesi ijab-qabul di rumah mempelai putri. seperti biasa kedua [calon] mempelai dihadapkan di depan rumah di antara kerabat yang hadir maupun tetangga yang ikut gotong royong di acara hajatan tersebut. ada kedua calon pengantin, kedua orang tua pengantin dan tentu saja bapak penghulu dan beberapa saksi.

Bapak penghulu kebetulan waktu itu datang terlambat karena banyak yang berhajat sama [lagi musim kawin]. Orang tua pengantin putri, yaitu sang ayah dengan niat tulus iklhas berkeinginan untuk menikahkan sendiri anaknya tersebut, walaupun bapak penghulu telah berada didekatnya. Dengan penuh rasa haru dan bangga serta percaya diri yang menggebu-gebu sang ayah mulai mengucapkan ikrar menikahkan putrinya, namun ternyata rasa bangga dan percaya yang berlebihan itu justru membuatnya lupa akan ikrar yang benar. Sehingga kurang lebih yang beliau ucapkan adalah:

“Dengan ini, saya nikahkan putri saya bernama “….” dengan engkau “…” dengan mas kawin seperangkat alat sekolah dan cincin seberat 5 kilogram,.bla..bla..bla….”

[Maksudnya alat sholat dan cincin 5  gram]

Kontan saja seluruh warga yang hadir bahkan yang berada di dalam rumah diem sejenak, kaget, bingung, dan disertai gelak tawa yang membahana di seluruh rumah. Baru kali ini dengar ada pernikahan yang memakai mas kawin “Seperangkat Alat Sekolah, Dan Cincin Seberat 5 Kg..” [emang mau sekolah….??? trus apa ndak putus jari si pengantin yang harus menahan beban 5 Kg di jari nya…???]

Setelah sadar akan kesalahannya itu, perasaan haru dan percaya diri sang ayah berangsur berubah menjadi rasa malu tak tertahankan, kemudian beliau mempersilahkan bapak penghulu untuk menikahkan putrinya tersebut. Pak penghulu pun bersedia sembari menahan tawa. meski begitu ALHAMDULILAH, akhirnya upacara ijab-qabul kedua pengantin ini sukses setelah segenap saksi menyatakan,…SAH…? SAH…? SAH..!!!

Kalo mau tahu kisah selanjutnya, jangan kelewatan berita selanjutnya…??

simak terus beritakota ….!!

6 Comments leave one →
  1. January 31, 2010 6:51 pm

    Syah…!

  2. February 1, 2010 7:32 am

    nggak HOAX kan gan?

  3. February 1, 2010 7:59 am

    @lekdjie: sah….
    @gusmel: hoax gmn…? nie cerita di hajatan tetangga saya [asli]

  4. aris permalink
    February 1, 2010 8:17 am

    sumpah Loe?????????? ciakkakakakka

  5. February 1, 2010 8:23 am

    tenanand ura gan ?
    haha

  6. February 1, 2010 3:27 pm

    @all: cm yg agak saya lupa berat cincin nya..!
    pokoknya disebut 4 ato 5kg, ttp aj lucu buat saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: