Skip to content

sekilas bekasi bersih partisipasi blogger

March 12, 2010

Acara Amprokan Blogger  2010 di bekasi memang telah berakhir tanggal 7 maret lalu, namun sisa-sisa ingatan akan acara kegiatan kumpul blogger nasional di bekasi itu masih menghiasi pikiranku dan mungkin peserta yang laen. Keakraban yang terjalin di tanah rantauan dengen segala perbedaaan yang ada namun disatukan dalam sebuah kepentingan karena mempunyai dunia yang sama, yaitu dunia tulisan dan dunia online.

Masih terbayang jelas dimana aku dan teman-teman blogger satu daerahku, dengan niat dan tekad menuju bekasi. Sebuah kota besar yang membuatku  seakan menuju sebuah dunia baru, meski dulu aku pernah  menghabiskan beberapa bulan hidupku di kota ini. Yach… Sebuah kota di timur jakarta ini pernah jadi kota harapan bagiku, dan mungkin bagi ratusan ribu atau bahkan jutaan warga bekasi.

kaos pemersatu blogger

Berkumpul bersama saudara-saudara satu tanah air memang memberi kesan berbeda. Di Amprokan Bloger ini kami memang memang  memanggil dengan sebutan Solo, Madura, Makasar, Balikpapan, Bandung, Ponorogo, Cirebon, Mojokerto, dll, bukan upaya meminoritas, bukan sebagai pembatas,… melainkan sebagai “pengingat” bahwa kami satu bangsa.

Kami  sebagai anak daerah, pada hari itu seakan berubah sebagai seorang tamu kehormatan layaknya tamu Negara. Sambutan senyum-senyum  manis itu, makanan dan minuman penghilang haus dan dahaga , kamar bersih dengan Ranjang empuk asrama lengkap dengan kamar mandi, ditambah 2 (dua) “kaos pemersatu bangsa” warna hitam, lebih dari cukup mengungkapkan niat dan pengertian panitia akan yang namanya “pelayanan“.

Ternyata tak cukup sampai disini, di hari pertama setelah Bangun dari kasur empuk, dan segarnya mandi pagi,  kami diajak keliling kota bekasi. layaknya tamu negara , Polisi pun mengawal rombongan kami sehingga perjalanan lancar tanpa hambatan dari padatnya lalu lintas kota besar. Tak salah jika Polisi disebut abdi masyarakat dengan semboyannya “Melindungi  dan Mengayomi“, kebalik tidak yha,..?? hehehe…. Sekali lagi, peran dan kesiapan panitia tampak disini.

Perjalanan menyusuri Kota Bekasi terasa makin menyenangkan saja dengan mengunjungi monumen sejarah Kota Bekasi, kunjungan ke Industri Kecil dan Menengah pembuatan Boneka, bahkan melihat (maaf) sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) SUMUR BATU pun tetap menjadi pengalaman tersendiri. Ini mungkin aroma sampah, tapi bagi masyarakat sekitar , ini adalah bau keringat perekonomian,(agak lebay  dikit), karena milyaran Rupiah beredar disini tiap harinya. namun jangan salah, meski penuh pemandangan sampah tak mengurangi lezatnya acara “Lunch Sumur Batu” kalo boleh kami sebut demikian.

Dilanjutlan kunjungan ke kawasan industri dan Kota Modern JABABEKA, yang tertata, hijau, nyaman, yang jelas betah jika berlama-lama di kota ini. Kali ini kami Singgah di sebuah universitas modern di JABABEKA “PRESIDENT UNIVERSITY” dengan segala keunggulannya, dilanjutkan program tanam 1000 pohon di kawasan hijau JABABEKA, disertai acara tumpengan sederhana dan pelepasan balon udara. (meskipun sang balon enggan terbang dan seakan segaja mengecawakn kami dengan berpegangan pada  dahan pohon, dengan kata lain tersangkut) Semua terlihat sempurna di kota ini, hanya satu mungkin kekuranganya. Kami bingung cari warung buat beli rokok dan sekedar  “wedangan” seperti yag biasa kami lakuan di Solo. Mungkin sistemnya emang gitu kali yha biar tidak merokok dan tidak kotor.

Belum hilang keringat di badan, Bapak Walikota Kota Bekasi ternyata tak sabar menunggu kedatangan rombongan di Rumah Dinas beliau. Dan “lagi-lagi” makanan telah menghadang jalan kami. Seperti Ayam yang kelaparan diberi jagung beroleskan karamel, semua ambil jatah masing-masing. Sambil makan, panitia mengumumkan bahwa “LIVE BLOGGING CONTEST” dengan tema “BEKASI BERSIH PARTISIPASI BLOGGER” pun dimulai. Belum terpikirkan bahan postingan kala itu, hampir habis sebungkus rokok “Cla** Mi*d” yang kubeli dengan melompati pagar Kantor Walikota. Terdengar tidak sopan memang tapi itu keterpaksaan. Tak lama kemudian panitia meminta kami berkumpul karena Bapak Walikota Bekasi telah menyiapkan makanan (lagi) dan panggung hiburan dimana di isi oleh para pemenang festival Band Pelajar dalam rangka Ulang Tahun Kota Bekasi yang ke-13. Tak khayal kami makan lagi dan berjoget bersama. Apalagi kedatangan Iyet Bustami yang turut menghibur kami, mantaf dah…!! tariikk maaang………!!.

Acara dilanjut dialog interaktif dengan Bapak H.Mochtar Muhamad Walikota Bekasi, Sharing Blogging dan bagi-bagi hadiah bersama  Mbak Risa dan artis Jane Shalimar yang ternyata blogger juga. Acara hari pertama berakhir kira-kira jam 23.30 WIB.

Hari Kedua :

Agenda hari kedua adalah seminar dan sharing tentang IT dan e-goverment yang sedang di rintis oleh PemKot Bekasi, Sharing bersama Bapak MenKomInfoTiffatul Sembiring” yang ternyata beliau mendadak ada acara ke palembang, sehingga di wakili Staff  Khusus beliau Bapak Mabruri, lalu ada Blogging sharing bersama Romi Satrio Wahono[RSW] founder ilmukomputer.com, dan bedah website PemKot Bekasi bersama Bapak Nukman.

Tak lupa hoby panitia, menjamu dengan makanan yang telah siap di meja makan. Acara berlangsung hingga Sore dan dilanjutkan penutupan acara “Amprokan Blogger” dengan doa dan fhoto bareng.

Haahh… capek juga badan kecil ini menyusuri Kota Besar Bekasi.

secara keseluruhan Saya kagum dan salut dengan kesiaapan panitia, agenda dan jadwal acara, pengemasan acara, dan fasilitas yang diberikan, terutama soal konsumsi. Seakan ga ada habisnya yang namanya makanan….!!

Selamat ULTAH Kota Bekasi Ke- 13Salut dan hormat juga kami haturkan teruntuk Pemkot Bekasi yang telah Mendukung kegiatan seperti ini, dan membuat Kota Bekasi yang sekarang dengan slogan hijaunya sehingga tidak seperti Bekasi 5 tahun lalu yang saya kenal.

Akhirnya,… setelah ditutup dengan fhoto bareng dan doa bersama, Kami pun pulang ke daerah masing-masing dengan “sisa-sisa tenaga dan sisa-sisa uang saku kami yang mefet” dan menyiapkan jurus-jurus dan senjata agar dapat bersaing di ajang kontes menulis dengan tema atau keyword “BEKASI BERSIH PARTISIPASI BLOGGER, semoga tidak malu-maluin dimata panitia yang menilai nantinya. Syukur-syukur menang biar bisa beli laptop second “idaman” biar bisa blogging every where. Yach,… minimal masuk buku sejarah bekasi lah…hehehe.  AMIN.

Maju Blogger Bekasi, Maju Kota Bekasi, Maju Blogger Indonesia…sampai ketemu lagi di acara sejenis.

One Comment leave one →
  1. April 5, 2010 10:35 am

    Haha, mantap yon. Semoga menang,,,, amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: